Daftar Yahoo Buat Akun Email Gratis Indonesia

Penyakit Kulit Panu

Posted by

Penyakit Kulit Panu

yang dalam bahasa kedokteran disebut dengan Tinea Versicolor merupakan jenis penyakit kulit yang ditandai dengan bercak putih dan gatal jika terkena keringat. Penyakit ini mudah sekali menular, baik secara langsung melalui sentuhan kulit penderita yang terkena panu atau melalui barang-barang yang dipakai oleh penderita.

Panu atau tinea versicolor disebabkan oleh infeksi jamur Malazessia furfur yang berkembang biak secara aktif di permukaan kulit. Daerah yang sering diserang jamur ini, yaitu punggung, leher, tengkuk, dan dada. Penyakit ini terutama menyerang orang yang banyak mengeluarkan keringat dan kurang menjaga kebersihan kulit.

Penyakit panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Gejala dan tanda adanya panu yaitu timbulnya bercak yang terdapat pada kulit disertai dengan rasa gatal pada saat berkeringat. Bercak-bercak tersebut ada yang berwarna putih, coklat maupun merah, tergantung dari warna kulit penderita. Panu biasanya menyerang semua bagian kulit. Pada umumnya, panu bisa menular dari satu orang ke orang lain dan biasanya ditemukan pada kulit kepala, kuku, lipatan lengan, leher, wajah dan kaki

Faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya panu :

- Lembab dan panas dari lingkungan, dari pakaian ketat, dan pakaian tak menyerap keringat
- Keringat berlebihan karena berolahraga atau karena kegemukan
- Friksi atau trauma minor, misalnya gesekan pada paha orang gemuk
- Keseimbangan flora tubuh normal terganggu, antara lain karena pemakaian antibiotik, atau hormonal dalam jangka panjang.

Gejala Dan Tanda-Tanda Penyakit Panu

Tanda dan gejala dari penyakit kulit panu biasanya akan timbul ruam kulit dalam berbagai ukuran dan warna, lalu di tutupi oleh sisik halus dengan rasa gatal. Terkadang timbul tanpa adanya keluhan dan hanya gangguan kosmetik saja. Warna-warna ruam kulit pada penyakit panu ini tergantung dari pigmen normal kulit penderita, paparan sinar matahari dan lamanya penyakit. Namun, terkadang warna ruam kulit sulit untuk dilihat. Tinea versicolor dapat terjadi di mana saja seperti di permukaan kulit, lipat paha, ketiak, leher, punggung, dada, lengan dan wajah.

Pencegahan Penyakit Panu

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit kulit panu diantaranya :

- Jaga kesehatan anggota tubuh
- Biasakan tidak memakai peralatan mandi bergantian, seperti handuk
- Setelah habis setiap olah raga ada baiknya langsung mandi yangg bersih menggunakan sabun anti-septik
- Selalu mengkonsumsi vitamin C
- Selalu menjaga kebersihan kulit
- Mandi 2 kali sehari
- Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat
- Jangan gunakan pakaian, handuk atau saputangan yang dipakai penderita



Pengobatan Penyakit Panu

- Bersihkan bagian tubuh yang terserang panu
- Oleskan dengan pembasmi jamur yang aman untuk manusia dan lakukan selama beberapa hari
- Beberapa orang mengobati panu dengan cara tradisional, yakni menggosokan lengkuas ke bagian tubuh  yang terserang panu tersebut, 2 kali sehari selama satu minggu.
- Apabila panu sudah menyebar ke seluruh tubuh, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

sekian tips dari kami semoga bermanfaat, silahkan melihat produk obat yang kami tawarkan insyaAllah mengobati segala penyakit kulit, terbukti sudah puluhan ribu orang membuktikannya dan hasilnya luar biasa, obat kami adalah solusi penyakit kulit insyaAllah



Solusi Penyakit Kulit Updated at: 18.33

0 komentar:

Posting Komentar


Daftar Yahoo Buat Akun Email Gratis Indonesia